Senin, 23 Oktober 2017

Memulai dunia domain dengan budget 0

ini adalah pengalaman saya
dimana saya memulai dunia domain dari 0
Sebenarnya sebelumnya saya pernah berminat dunia domain tapi memiliki zero pengetahuan.
Saya mengeluarkan uang untuk membeli domain yang sebenarnya itu aadalah perangkap.
dari semua domain, hanya memiliki penjualan yang tidak besar alias cuma puluhan dollar.
sampai akhirnya masa renew dan saya tidak mampu renew dan beng... tidak ada budget alias modal lagi.
Sempat mengalami kekecewaan dan berhenti sejenak. dan waktu itu saya lagi masa surut dimana tidak ada penghasilan dan tidak punyaa pekerjaan hehe.
lalu setelah itu entah kenapa, mungkin saya belajar dari kesalahan dan ingin memulai lagi, namun sayangnya tidak punya modal.
lalu saya menemukan ide di forum namepros, dan melihat peluang di ads.id
Karena di namepros sering ada bagi bagi domain gratis, dari situ saya melihat peluang untuk di jual dengan harga murah di forum yang memiliki potensi, dan tidak mungkin saya saya jual di namepros secara saya dapat gratis.
dimulai dari situ saya mendapatkan penjualan pertama seingat saya $1 atau mungkin $3, lupa hehe.
dari modal tersebut saya membeli domain 1 kata bahasa indonesia di name.com yang lagi promosi $0..99 .com. dan domain ini lumayan juga terjual hehe.

Dari sinilah karir saja dimulai. Saya mulai membidik pasar Indonesia dengan Pasar Bule. Pasar Indonesia saat ini di ads.id dan belum ketemu tempat listing selain disini hehe.
Sedangkan Pasar Bule saya listing di flippa, sedo, afternic, dan juga namepros buat ngelelang.
di namepros lumayan juga, beli domain dibawah $1 saat mau expire lelang disana dan di set bin dibawah $50. Dan member namepros ccare banget. padahal gak ada bid, dan seharusnya dia ngebid $1 dan menang domain dengaan harga $1 tapi malah memilih BIN, asik banget member namepros.. saya sudah beberapa kali di bin tapi perlu di ingat, set bin nya yang wajar ya... jadi mereka juga bisa menghargai kita.

back to topic, Untuk mrket Indonesia, sulit juga memprediksi pembeli dan susah menemukan end user. Kalaupun ketemu harganya juga tak seperti yang di inginkan, jadi kadang mau tak mau lepas saja. Selama saya megang domain generic bahasa Indonesia, belum pernaah ada inbound dan mau listing juga tidak ada tempat khusus jadinya cuma di ads.id.
Kaalaau menurut saya sih, di ads.id lebih cocok menjadi flipper. Enaknya sih gitu buy now and sale now.
lumayan juga penghasilan kalau penjualan 100 domain perminggu hehe.

Memulai dunia domain dimulai dari modal 0 itu mungkin mungkin saja.
Manfaatkan saja promo promo yang sedang berlaku
tahun lalu saya dapat domain gratis promo dari name.com
juga dari namepros, pernah reg domain yang promo $0.01
pokoknya manfaatkan saja.
jika sudah ada budget, baru deh beli domain bagus dan dii hold hingga ada inbound offer.
silakan bernegoisasi.

Nothing spesial dengan post ini, dan post ini juga dibuat dengan jeda2 hehe, jadi harap maklum jika alurnya tidak nyambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar